• Kamis, 8 Desember 2022

Tentang Independen Media

Media atau pers secara umum dikukuhkan sebagai pilar keempat demokrasi. Sederet dengan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Persoalannya, apakah semua media (cetak, penyiaran, daring) patut berada di tempat terhormat ini?

Apa tolok ukur media yang layak dihormati? Tentu, bukan karena semata-mata terbanyak fansnya; pembaca atau pemirsanya. Juga sama sekali bukan ditentukan kapital yang dimilikinya karena sukses bisnisnya.

Media yang dikategorikan berkarakter, memiliki ruh, jika berjuang keras menegakkan prinsip jurnalistik –yang berlaku universal, di negara manapun. Ia menghamba pada kebenaran, bukan ke penguasa dan kekuatan bisnis. Dia indenpenden dari pengaruh dan kekuatan kepentingan apapun, kecuali pada kebenaran.

Tidak mudah memang melaksanakan hal tersebut sebab tantangan dan tekanan yang dihadapi sangat berat. Terlebih di tengah persaingan antarmedia yang super ketat hari ini.

INDEPENDEN MEDIA berupaya di antara mereka yang “berjuang keras menegakkan” itu –karena anda beda! Hal ini tanggung jawab, bukan pilihan. Portal berita Anda ini senantiasa menyuguhkan “berita fakta terkini, lengkap, dan tepercaya”.

Terakhir, kami yakin, kita bersama semakin baik, berkembang, dan sejahtera bersama “untuk Indonesia”. []

X