INDEPENDEN - Bukan cuma pelaku bisnis online (daring) yang membutuhkan informasi ini. Kamu yang mau tidak mau kini lebih sering berbelanja online sebaiknya juga paham.
Penjelasan singkat istilah ini terkait kegiatan keseharian pebisnis online atau e-commerce.
Sebagai pebisnis, atau setidaknya sedang bersiap terjun sebagai pengusaha baru e-commerce, perlu memahami arti dan makna sejumlah istilah agar interaksi Kamu dengan sesama pebisnis maupun konsumen menjadi lebih komunikatif.
Baca Juga: Pengertian Net Income dan Gross Income pada Laporan Keuangan Perusahaan
Berikut isitlah-istilah dalam bisnis online yang perlu Kamu ketahui, antara lain:
Buyer
Istilah "buyer" merujuk ke pembeli atau konsumen. Dalam dunia bisnis dan perusahaan, istilah ini memiliki beberapa pengertian.
Di lingkungan perusahaan misalnya, buyer tidak hanya pembeli, tetapi juga sebagai pihak yang bertanggung jawab menangani kebutuhan perusahaan dan pembelian.
Biasanya posisi buyer di bagian purchasing.
Seller
Seller kebalikan buyer, yang artinya penjual, pemilik toko online, atau orang yang menjual produk dan jasa kepada buyer.
Baca Juga: Tak Usah ke Semarang, Praktikkan Resep Lumpia Kulit Tahu Ini: Tidak Mengecewakan Pasti
Supplier
Pemasok atau supplier adalah perorangan atau perusahaan yang menjual barang atau jasa yang entitas bisnis lain perlukan.
Pemasok dalam bisnis online adalah seorang perantara antara produsen dan pengecer. Mereka juga memastikan bahwa stok untuk pengecer atau perusahaan yang menjadi kliennya terjamin dan jumlahnya memadai.
Artikel Terkait
Telkomsel Undang Mahasiswa Daftar Program IndonesiaNEXT Season 7
Jualan Batik ke Luar Negeri Salah Satu Cara Cepat Kaya dari Bisnis Ekspor
Jangan Anggap Enteng Tukang Tahu Bulat, Penghasilannya Bisa Kalahkan PNS Bergelar Sarjana
Jualan Bawang Goreng Kemasan Siap Saji, Peluang Usaha Modal Kecil Untung Gede Simak Cara Memulainya
Usaha Rumahan Selai Roti Tawar, Modal Minimal Rp 100 Ribu Bisa Jadi Rp 250 RIbu, Begini Caranya