Makassar, INDEPENDENMEDIA.ID - Lion Parcel (PT Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, membukukan peningkatan lebih 20% volume pengiriman sepanjang Ramadan 2023 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.
Peningkatan ini seiring meningkatnya antusiasme belanja social commerce, salah satunya terkait kebutuhan Ramadan dan persiapan Lebaran.
Layanan dan komitmen Jaminan PASTI: Paket Telat Sehari, Ongkir Diganti nyata memberikan ekstra keamanan pengiriman paket pelanggan bersama Lion Parcel karena adanya jaminan uang kembali apabila paket tiba sehari dari waktu yang dijanjikan.
Makassar mencatat perkembangan yang sejalan dengan pertumbuhan ini. Revenue perusahaan yang disumbangkan kota ini meningkat lebih 15% pada Ramadan 2023.
Salah satu faktor pendorong adalah tingginya antusiasme belanja online masyarakat Sulawesi Selatan di e-commerce tercatat sejak tahun lalu. Sepanjang 2022 menyentuh Rp5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year-on-year.
“Sebagai ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar menjadi salah satu kota fokus Lion Parcel untuk terus dikembangkan," kata Benno Suryo Ariantoputro selaku Head of Brand Lion Parcel dalam acara Silaturahmi Bersama Lion Parcel di Makassar baru-baru ini.
Ditambahkan, berbagai strategi telah disiapkan untuk menunjang potensi yang ada, termasuk perkembangan infrastruktur dan jaringan secara berkala, perluasan jumlah agen untuk meningkatkan aksesibilitas layanan, hingga pendekatan market secara mendalam sesuai dengan kebutuhan lapangan.
Sejalan dengan perkembangan permintaan ini, Lion Parcel juga terus meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) sebagai faktor penting layanannya.
Berbagai inisiatif dan inovasi telah dilakukan untuk menciptakan customer experience yang lebih seamless, sebagai berikut.
Integrasi customer journey lewat pengembangan touchpoints pelanggan secara end-to- end, termasuk aplikasi Lion Parcel sebagai one-stop solution yang meningkatkan aksesibilitas.
Baca Juga: Istilah Bisnis: Pengertian Emiten, Perusahaan Efek, dan Kegiatannya
Lewat aplikasi ini, para pelanggan bisa mengakses berbagai informasi dan layanan Lion Parcel, mulai dari melakukan permintaan pick-up dan pembayaran ongkos kirimnya, melihat status resi pengiriman secara realtime, memeriksa harga ongkos kirim, berbelanja di platform toko online Lion Parcel, Bisa Belanja, hingga loyalty program PARCEL POIN.
Pengembangan CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi, baik dengan sistem internal, seperti website, aplikasi, OMS (Order Management System), maupun sistem eksternal, seperti payment gateway dan partner asuransi.
Seluruh touchpoints pelanggan seperti WhatsApp dan sosial media juga turut terintegrasi guna memastikan seluruh permintaan pelanggan dapat ditangani dengan baik.
Artikel Terkait
Kinerja Pertamina 2022: Laba Bersih 56 Triliun dan Kontribusi Penerimaan Negara 307 Triliun, Ini Detailnya!
Usai Terima SK OJK, Manajemen AJB Bumiputera 1912 Didesak Akselerasi Pembayaran Klaim Pemegang Polis
Lowongan Kerja: PT Pelita Air Service Buka 3 Formasi Peluang Karier, Cek Segera Detailnya
NCKL Bukukan Pendapatan Rp4,8 triliun pada Kuartal Pertama 2023, Tumbuh 74,6 Persen
Kinerja RMK Energy Luar Biasa Berkat Kenaikan Volume Penjualan Batu Bara dan Optimalisasi Biaya