• Senin, 3 Oktober 2022

Universitas Brawijaya Umumkan Alat Baru Screening COVID 19

- Selasa, 4 Januari 2022 | 23:48 WIB
Penjelasan tentang UBreath di Univesitas Brawijaya Malang (prasetya.ub.ac.id - INDEPENDEN MEDIA)
Penjelasan tentang UBreath di Univesitas Brawijaya Malang (prasetya.ub.ac.id - INDEPENDEN MEDIA)

INDEPENDEN MEDIA - Universitas Brawijaya, Malang, mengumumkan kehadiran UBreath Analysis, alat screening Covid 19. Hasil kerja keras tim peneliti Unbraw ini bekerja dengan mendeteksi hasil metabolisme dari sistem pernapasan serta pencernaan pengguna. Menggunakan 25 parameter, pengukuran hasil metabolisme yang diambil adalah dalam bentuk gas, partikulat, ataupun lainnya.

Dilansir dari Tempo.co, Ketua tim, Arinto Yudi Ponco Wardoyo, menjelaskan bahwa hasil pengukuran selanjutnya diperiksa menggunakan alat AI (Artifical Intelligence, Kecerdasan Buatan) untuk menganalisa kondisi sistem pernafasan dan pencernaan pengguna.

"Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil adalah sekitar 2-3 menit," jelas Guru Besar Bidang Fisika itu pada Selasa, 4/1/2022.

Baca Juga: Perhatikan, Ini 10 Gejala Infeksi COVID Varian Omicron

UBreath yang dikembangkan bekerja sama dengan tim Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, telah diuji klinis pada orang sehat dan penyintas Covid-19 di RSUD dr. Saiful Anwar Malang dan RS Lapangan Malang dengan total 400 sampel. Penelitian yang telah dilakukan sejak akhir tahun 2020 itu diklaim memiliki tingkat akurasi hingga 90%.

Saat ini UBreath diuji klinis untuk screening penyakit pernapasan. Misalnya kanker paru-paru, Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). []

Editor: Dian Guci

Tags

Terkini

X