• Senin, 3 Oktober 2022

Setop 'Phubbing'

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:23 WIB
Ilustrasi phubbing, keracunan gawai (Suryakepri.com - INDEPENDEN)
Ilustrasi phubbing, keracunan gawai (Suryakepri.com - INDEPENDEN)

Oleh: Ridwan Ewako

KECANGGIHAN perangkat telepon selular (ponsel) diam-diam memicu penyakit sosial. Pun diam-diam naik kelas menjadi "penyakit religi".

Istilah "ponsel" kini jarang dipakai lagi sebab nyaris kita semua menggunakan seri smartphone alias ponsel pintar. Tak kecuali anak-anak, dan di pedesaan. Inilah sumbernya.

Kepintaran ponsel menawarkan berbagai hal, mulai hal serius maupun sekadar permainan. Ponsel pintar menawarkan semua, termasuk untuk kegiatan belanja hingga kebutuhan memesan jasa transportasi. Apa-apa sekarang ada ada di ujung jari.

Menu yang paling banyak menyedot waktu, siapapun mengakui, tiada lain media sosial. Belakangan muncul WhatsApp (WA). WA Group (WAG) termasuk platform yang paling digemari hari ini.

Baca Juga: Protes Azan Versus Gonggong Anjing Berlanjut, Kali Ini Puluhan Ormas Sukabumi Bergerak

Tak sedikit di antara kita memiliki belasan WAG. Lalulintas informasi luar biasa cepatnya di sini. Dan, sebagian besar isinya sulit dipertanggungjawabkan. Tak sedikit kalangan berpendidikan tinggi berdebat kusir atas informasi tak berdasar --atau berita bohong alias hoax-- yang beredar di WAG. Menyedihkan.

Penyakit yang tak disadari mewabah itu disebut "phubbing". Karena barunya, oleh pakar bahasa Indonesia belum memberikan padanannya istilah penyakit akibat gawai ini.

Kosa kata "phub" atau "phubbing" merupakan akronim "phone subbing". Maknanya adalah tindakan tidak acuh seseorang terhadap lingkungan terdekatnya. Seorang anak tidak peduli kepada orang tua di sampingnya atau sebaliknya. Seorang karyawan terhadap bosnya atau sebaliknya. Dan seterusnya.

Interaksi yang intensif antara seseorang dengan gawai (gadget) di tangannya. Menit demi menit kita memandangi monitor ponsel pintar, mulai bangun tidur hingga kembali ke peraduan.

Halaman:

Editor: Ridwan Ewako

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X