• Kamis, 8 Desember 2022

Internasional Akui Indonesia Mampu Antisipasi Zoonosis Global, Cari Tahu Maksudnya di Sini

- Jumat, 7 Januari 2022 | 03:17 WIB
Rantai ancaman zoonosis di Indonesia (Dok. INDEPENDEN)
Rantai ancaman zoonosis di Indonesia (Dok. INDEPENDEN)

INDEPENDEN - Dunia panik oleh pandemi virus korona --penyakitnya disebut covid-19-- yang hingga kini tersebar ke seluruh benua. Puluhan negara terserang, dan ribuan nyawa melayang.

Virus satu ini diduga kuat berasal dari hewan yang kemudian menulari manusia (animal-borne disease), yang juga disebut zoonosis.

Krisis HIV/Aids pada dekade 1980-an berasal dari kera besar. Pada 2004-2007 avian flu mewabah, yang berasal dari unggas. Babi menghasilkan pandemi flu babi pada 2009.

Belakangan muncul penyakit severe acute respiratory syndrome atau SARS yang virusnya berasal dari kalelawar, melalui musang. Sementata kalelawar menyumbang ebola.

Perubahan iklim ditengarai mempercepat proses penyebaran penyakit dari heran ke manusia. Mobilitas manusia memicu berbagai penyakit yang menyebar lebih cepat.

Baca Juga: Indonesia, Halaman Tanaman Bambu Dunia


Ancaman Global Zoonosis

Zoonosis (penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan sebaliknya) sungguh menjadi ancaman global manusia. Berbagai fakta menunjukkan zonosis meledakkan dampak yang potensi kerugiannya jauh lebih besar dibandingkan akibat perang.

Sampai saat ini setidaknya tidak kurang dari 300 penyakit yang berasal dari hewan yang dapat menular ke manusia. Sebagian berpeluang menjadi wabah di suatu negara jika tidak ditangani dengan baik. Sebut saja rabies, antraks, BSE (Bovine Spongiform Encephalopathy alias sapi gila), SARS, dan HPAI (Highly Pathogenic Avian Influenza alias flu burung).

Melalui artikelnya di Detik.com, Agus Jaelani dari Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) memaparkan zoonosis terbagi tiga kelompok besar.

Halaman:

Editor: Ridwan Ewako

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X