• Selasa, 16 Agustus 2022

LPPHI Segera Menggugat Pelanggaran Panitia Tender PT Pertamina Hulu Rokan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:12 WIB
Ilustrasi: Panitia lelang (Dok. INDEPENDEN)
Ilustrasi: Panitia lelang (Dok. INDEPENDEN)

Pekanbaru, INDEPENDEN - Pihak Lembaga Pencegah Perusak Hutan Indonesia (LPPHI) menyatakan segera melayangkan gugatan kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Gugatan terkait pelaksanaan tender Sand Management Fasility Operation Service Blok Rokan.

Dalam rilis LPPHI yang diterima INDEPENDEN, Rabu (29/6/2022), dipaparkan gugatan dilatarbelakangi sikap bungkam Pjs. VP Procurement & Contracting PT Pertamina Hulu Rokan (P&C PT PHR) Erwin Karouw atas permintaan informasi publik yang berkali-kali dilayangkan LPPHI secara resmi.

Terakhir, LPPHI melayangkan surat pada 27 Juni 2022 sebagai tindak lanjut atas surat yang dikirimkan pada 20 Juni 2022 kepada Erwin Karouw. Kedua surat itu terkait tender Sand Management Fasility Operation Service Blok Rokan.

Baca Juga: Operasional Kawasan Monas Hingga Malam Hari Sedang Dikaji

Dalam surat itu, LPPHI menegaskan PHR diduga melanggar Pedoman Tata Kerja Nomor 007 Revisi 04 terbitan SKK Migas --khususnya butir 5.3 oleh Panitia Tender. PHR telah mengundang dua perusahaan yang diduga tidak memenuhi syarat kualifikasi tender tersebut.

Seharusnya Panitia Tender mengundang perusahaan yang punya rekam jejak baik dalam menginjeksikan limbah tanah terkontaminasi minyak (TTM) ke bawah permukaan tanah melalui sumur injeksi --seperti yang pernah dilakukan PT CPI sejak 2002.

LPPHI mengungkapkan gugatan dipandang perlu untuk menguji prinsip good corporate governance dan PTK 007/Revisi 4 yang dilanggar Panitia Tender, setelah batas-batas waktu permohonan informasi yang diberikan oleh LPPHI hingga 25 Juni 2022 pukul 16.00 WIB sengaja diabaikan oleh Erwin Karouw.

Oleh sebab itu, LPPHI segera menunjuk kuasa hukumnya LBH Pemuda Pancasila Provinsi Riau untuk melakukan upaya hukum terhadap PT PHR melalui Pengadilan Negeri Pekanbaru.

Baca Juga: Awalnya Istri Dilaporkan Tewas Jatuh dari Lantai Dua, Polisi Temukan Fakta Suami Membunuhnya

Halaman:

Editor: Ridwan Ewako

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Data Profil Sejarah Kota Parepare

Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:54 WIB

JKA Dihentikan Sementara, Masyarakat Demo DPR Aceh

Senin, 21 Maret 2022 | 12:57 WIB
X