• Kamis, 8 Desember 2022

Hajar Aswad, Baru Hitam Mulia Ka'bah Bikin Penasaran

- Senin, 29 Agustus 2022 | 18:36 WIB
Hajar Aswad di Ka'bah, kiblat salat umat Islam (Jabodetabek.id - INDEPENDEN)
Hajar Aswad di Ka'bah, kiblat salat umat Islam (Jabodetabek.id - INDEPENDEN)

INDEPENDEN - Hajar Aswad (batu hitam) di Ka'bah mungkin sejenis batu ruby. Namun tentu tidak bakal sama persis sebab ia berasal dari surga.

Umat Islam, khususnya jemaah haji dan umrah, memuliakan Hajar Aswad. Jemaah berdesakan menciumnya, seperti yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW.

Hajar Aswad diletakkan di sudut tenggara Ka'bah. Ia di sebelah kiri Multazam --antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah. Dari sudut Hajar Aswad inilah tawaf dimulai.

Berbagai sumber menyebutkan hajar Aswad berukuran 10 cm. Diagonal pita peraknya 30 cm. Letaknya dari dasar atau lantai Ka'bah 1,5 meter.

Akibat ulah tangan tak bertanggung jawab beberapa kasus, hantaman benda keras membuat baru hitam pecah delapan bagian.

Baca Juga: Kata Baku 'Al-Qur'an' dan 'Ka'bah' Sejak 2019, Akomodir Pemintaan Kemenag

Jemaah haji dan umrah yang hendak mencium Hajar Aswad harus memasukkan kepalanya ke dalam lingkaran pita perak.

Aisyah RA bertanya ke Nabi Muhammad SAW, "Mengapa mereka tidak memasukkan Hajar Aswad ke Baitullah?" Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya kaummu kekurangan biaya." Aisyah RA bertanya, "Lalu mengapa pintunya naik ke atas?" Muhammad SAW bersabda, "Kaummu melakukan hal itu agar mereka dapat memasukkan dan mencegah orang-orang yang mereka kehendaki. Seandainya kaummu tidak dekat dengan masa jahiiyah, aku akan memasukkan dinding itu ke dalam Baitullah, dan akan lekatkan pintunya ke bumi." (H. R. Bukhari)

Ali bin Abi Thalib RA meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda kepada Abu Hurairah RA, "Wahai Abu Hurairah, sesungguhnya pada Hajar Aswad itu terdapat 70 malaikat tengah memohon ampun (kepada Allah SWT) untuk orang-orang Muslim dan mukmin dengan tangan-tangan mereka, seraya rukuk, sujud, dan bertawaf. Ia akan memberi kesaksian pada hari kiamat bagi siapa saja yang memegangnya dengan penuh keyakinan dan benar."

Baca Juga: Tempat Nabi Muhammad SAW Lahir: Tak Dipublikasi Viral Hindari Pemujaan

Halaman:

Editor: Ridwan Ewako

Sumber: Buku 'Situs-Situs Dalam Alquran' karya Syahruddin Al-Fikri'

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Ketika Ada Gempa

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:04 WIB

Inilah Doa Nabi Muhammad SAW Ketika Dilanda Kesusahan

Selasa, 6 Desember 2022 | 12:49 WIB
X