• Kamis, 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Tembakan Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan, Pihak Bertanggung Jawab Harus Dihukum

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:49 WIB
Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dipenuhi asap gas air mata yang ditembakkan aparat kepolisian (1/10/2022) (Bola.com - INDEPENDEN)
Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dipenuhi asap gas air mata yang ditembakkan aparat kepolisian (1/10/2022) (Bola.com - INDEPENDEN)

Jakarta, INDEPENDEN - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengkritisi penggunaan gas air mata oleh aparat kepolisian dalam penanganan rusuh suporter di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

DPR mendesak pihak berwenang mengusut tuntas tragedi yang menyebabkan setidaknya 127 orang tewas dalam rusuh suporter --dua di antaranya polisi.

Investigasi juga dimaksudkan untuk menemukan siapa yang harus bertanggung jawab secara hukum, atas bencana dunia sepak bola tanah air tersebut.

Baca Juga: Ini Penyebab Ratusan Suporter Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Semalam

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan tragedi yang menelan ratusan nyawa itu tidak perlu terjadi apabila pihak-pihak terkait melakukan antisipasi secara benar.

"Karena itu saya meminta supaya tragedi ini diusut sampai tuntas dan harus ada yang bertanggung jawab," kata Huda, Minggu, 2 Oktober 2022.

Pemimpin Komisi yang membidangi sektor olahraga, antara lain, menyatakan pihaknya sangat berduka dan prihatin atas kerusuhan pasca pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 antara Arema FC dengan Persebaya Surabaya.

"Kita prihatin, sedih, sebagai publik pecinta bola kita dikabarkan 157 orang meninggal, baik pihak suporter dan pihak lain atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang," kata Huda.

Baca Juga: Wakil Kepala BPIP: Guru Islam Ujung Tombak Sukses Pendidikan Pancasila dan Moderasi Agama

Terpisah, Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian menyatakan pentingnya menjaga hak dan kewajiban oleh setiap pihak --panitia penyelenggara, aparat, pemain, dan suporter dalam setiap penyelenggaraan olahraga.

Halaman:

Editor: Ridwan Ewako

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Tempat Wisata Solo Yang Wajib Dikunjungi

Rabu, 7 Desember 2022 | 22:56 WIB
X