• Kamis, 8 Desember 2022

Profil Ramang: Legenda PSM Makassar yang Belum Tergantikan

- Selasa, 27 September 2022 | 13:16 WIB
Andi Ramang (Dok. INDEPENDEN)
Andi Ramang (Dok. INDEPENDEN)

INDEPENDEN - Hari ini (Senin, 26 September 2022), tepat 35 tahun wafatnya legenda PSM Makassar.

Siapa lagi jika bukan Andi Ramang, pesebakbola Ayam Jantan Dari Timur --julukan PSM-- yang sekaligus striker haus gol yang membawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia ke pentas teratas kompetisi dunia sejauh ini.

Hingga kini, belum seorangpun bomber tanah air yang menyamai kepiawaian pria kelahiran Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), itu mengolah bola. Terlebih urusan menjebol gawang lawan.

Juku Eja (artinya "ikan merah", bahasa Makassar) --juga julukan PSM-- merupakan klub tertua di Indonesia. Berdiri pada 2 November 1915, yang berarti kini berusia 107 tahun, kesebelasan ini telah mencetak puluhan pesepakbola bintang nasional.

Baca Juga: M. ARFAN; Dari Danone ke PSM

Satu di antaranya tiada lain Ramang. Walau berpostur biasa saja, Ramang menjelma menjadi legendaris, bahkan banyak cerita tentangnya barbau mitos. Tendangan salto dan kemampuannya mencetak gol dari tendangan sudut kanan belum tergantikan.

FIFA, otoritas tertinggi sepakbola dunia, mencatat dengan tinta emas kiprah Ramang. Sepak terjang Ramang digarisbawahi sebagai puncak kejayaan sepakbola Indonesia, yakni pada 1950-an.

Induk organisasi sepakbola dunia dimaksud pernah mengangkat kisah kehebatan Ramang secara khusus melalui situs resminya. Saat itu momentum peringatan ke-25 tahun wafat Ramang, 26 September 2012.

Baca Juga: PSM Makassar, Klub Tertua Seabad Lebih Disegani Tim Hindia Belanda

Tidak banyak dokumentasi tulisan maupun foto yang menggambarkan kehebatan sosok Ramang. Informasi tentangnya hanya berdasar penuturan rekan seprofesi yang seangkatan dan juniornya.

Halaman:

Editor: Ridwan Ewako

Sumber: Wikipedia, Bola.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Hermawan Kartajaya: Bapak Marketing

Kamis, 3 November 2022 | 14:08 WIB

MARSUDI SYUHUD; Karakter Pemimpin

Sabtu, 2 Juli 2022 | 12:24 WIB

Profil Coach Teco: Klubnya Hattrick Juara

Sabtu, 26 Maret 2022 | 00:28 WIB

Profil Kylian Mbappe: Menonjol Sejak Bocah

Kamis, 3 Maret 2022 | 12:23 WIB

Profil Arifin Panigoro: Gagal Lakukan 'Pembaruan' PDIP

Senin, 28 Februari 2022 | 00:01 WIB
X