• Senin, 3 Oktober 2022

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Leuser Aceh

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 20:06 WIB
Pintu Masuk Taman Nasional Gunung Leuser (goodnewsfromindonesia - INDEPENDEN MEDIA)
Pintu Masuk Taman Nasional Gunung Leuser (goodnewsfromindonesia - INDEPENDEN MEDIA)

Banda Aceh, INDEPENDEN - INDEPENDENERS, nama "Leuser" diambil dari bahasa Gayo, "leusoh" yang berarti "yang diselubungi awan". Berkesan misterius dan sakral, nama ini disematkan pada sebuah gunung setinggi 3.446 meter di jantung rimba Aceh Tenggara.

Wilayah di seputar gunung ini ditetapkan sebagai Taman Nasional pada 6 Maret 1980. Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) meliputi wilayah seluas 830.268,95 ha dalam dua Provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Dari luas sekian, tujuh puluh lima persennya berada di Aceh.

Taman Nasional ini adalah benteng pertahanan terakhir dari empat satwa kunci Sumatera, yaitu Harimau, Gajah, Orangutan dan Badak. Taman Nasional Gunung Leuser adalah satu-satunya tempat di dunia dimana keempat satwa langka tersebut dapat ditemukan dalam satu wilayah.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 2022 pada 2 April, Pemerintah Kapan?

Gunung Leuser, Aceh Tenggara (dolandolen.com - INDEPENDEN MEDIA)

TNGL memiliki daerah buffer yang disebut Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), dengan Gunung Leuser menjadi pusat dari kawasan konservasi yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia pada tahun 2004 ini.

Ada banyak hal menarik terkait TNGL. Lima di antaranya ada di bawah ini:

1) Terdapat 7 Cagar Alam di dalam TNGL

Wilayah TNGL yang cukup luas memberikan ruangan yang cukup bagi berbagai kebutuhan konservasi. Terbagi mulai dari hutan lindung, suaka margasatwa, hingga cagar alam dengan fungsinya masing-masing. Saat ini TNGL memiliki 7 Cagar Alam, yaitu Cagar Alam Gunung Leuser, Cagar Alam Kappi, Cagar Alam Kluet, Cagar Alam Sikundur-Langkat, Stasiun Penelitian Orangutan Ketambe, Cagar Alam Singkil Barat dan Cagar Alam Dolok Sembilin.

Hutan Leuser, misterius, indah, mengundang penasaran (goodnewsfromindonesia - INDEPENDEN MEDIA)

Halaman:

Editor: Dian Guci

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X